Table of Content

Layanan Web Hosting yang Cocok Untuk Ujian Online


Seandainya kamu mewakili sekolah atau instansi terkait penyelenggaraan ujian online, tentunya kamu harus memilih hosting yang cocok untuk ujian online yang bebas hambatan.

Memilih hosting ujian yang tidak tepat, kemungkinan besar proses ujian akan mengalami banyak kendala teknis. Seperti loading yang lambat, halaman yang tidak bisa diakses, gagal submit jawaban ujian, dan lain hal sebagainya.

Karena diakses oleh banyak orang, sumber masalah yang sering terjadi yaitu server ujian online mengalami down. Ulasan ini cocok terutama bagi kamu yang mewakili sebagai:

  • Individu/perusahaan yang ingin membangun e-learning/web sekolah;
  • Institusi pendidikan yang memulai seleksi computer based test (CBT);
  • Perusahaan/instansi dengan proses perekrutan karyawan secara online;
  • dst.

Kalau kamu termasuk ke dalam kriteria yang disebutkan, mari langsung simak ulasan layanan web hosting yang cocok untuk ujian online.

Kriteria Web Hosting yang Cocok untuk Ujian Online?


Ada baiknya untuk memprioritaskan server dengan spesifikasi dibawah ini:

1. Server Andal


Menjadi kewajiban bagi penyelanggara ujian online, yaitu menyediakan server andal. Dengan begitu, hosting yang harus digunakan memiliki spesifikasi dan sumber daya yang besar agar dapat menampung trafik yang banyak, tinggi, serta dapat diakses dengan cepat. Hal ini dikarenakan peserta menggunakan atau mengakses halaman website dengan cara bersamaan.

2. Performa Super Cepat dan Stabil


Web ujian online harus cepat dan stabil. Maka dari itu hosting web ujian soal online harus dapat melakukan transfer data dengan cepat dari server ke user. Misalnya ketika peserta akses halaman pertama, login user, submit jawaban, dan download hasil ujian, dst. 

3. Keamanan Terjamin


Soal ujian online terbilang sangat mungkin mendapatkan serangan oknum yang tidak bertanggung jawab. Maka keamanan server hosting ujian online perlu menjadi bagian yang diprioritaskan. Dengan sistem keamanan hosting ujian online yang ketat, potensi terkena serangan cyberpun dapat diminimalisir. 

4. Mudah dalam Pengelolaan


Aga web hosting untuk ujian online dapat dikembangkan dan dikelola sesuai dengan kebutuhan dimasa yang akan datang, pastikan proses pengelolaannya mudah. Mulai dari pertama kali develop, maintenance, backup data, restore data, cPanel, install CMS, versi PHP, update aplikasi, menambahkan aplikasi, tambah fitur, dan lain kebutuhan lainnya.
Technical Support | Sysadmin | Cloud Engineer | Quality Assurance Tester | Digital Marketing