Table of Content

Layanan Web Hosting yang Cocok Untuk Blog

Bro ada gak sih hoting yang cocok untuk blog pemula? Ini pertanyaan yang terkadang muncul di obrolan santai bersama teman-teman dikampus. Karena rata-rata dari lingkungan pertemanan saya, tertarik untuk belajar ngeblog. 

Ulasan ini saya sampaikan berdasarkan pengamatan atau pandangan saya pribadi, boleh diikuti boleh tidak. Yuk simak ulasan web hosting yang cocok untuk blog pemula. 

Apa Itu Blog?

Menurut saya blog itu media untuk berekspresi, dan lebih personal. Tak jarang blog digunakan sebagai media personal branding. Misalnya pemilik memiliki keahlian atau pekerjaan tertentu, yang bisa dipromosikan melalui blog. Bisa juga menuliskan kegiatan yang dilakukannya, seperti buku diary. 

Blog kurang lebihnya seperti website, berisi teks, video, audio, gambar. Semuanya bisa dimuat didalam satu wadah, dan digunakan berdasarkan kebutuhan. 

Hosting yang Cocok Untuk Blog

Kembali lagi ke pembahasan awal, web hosting yang cocok untuk blog itu seperti apa? Bagi saya hosting yang cocok untuk blog, adalah hosting yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Karena sekarang sudah banyak layanan web hosting yang menawarkan paket hosting yang lengkap dan bervariasi. 

Sesuai kebutuhan yang dimaksud seperti kebutuhan domain, penyimpanan, fitur email dst. Pilih yang sesuai budget, murah, dan yang paling penting kualitasnnya. Percuma murah doang, tapi kualitas layanan jelek.

Sebelum Menggunakan Layanan Hosting

Beberapa hal yang paling penting dan harus diperhatikan. Sebelum menggunakan layanan hosting dan domain. 

  • Pastikan untuk menggunakan layanan hosting yang terpercaya, legal, terpercaya, dikelola oleh perusahaan. 
  • Layanan support mudah dihubungi, fast respon, dukungan 24 jam
  • Penyimpanan data, ada yang terbatas dan ada yang unlimited.

Saya pribadi lebih memilik layanan yang benar-benar legal. Karena jika layanan yang dimiliki oleh seorang pengelola personal, misalnya mendapatkan hosting dari freelancer. Belum tentu juga freelancer itu dapat hidup selamannya, terus kalo hosting tiba-tiba gak bisa diakses gimana? padahal udah banyak tulisan atau konten yang dibuat.

Makannya perlu menggunakan layanan hosting yang legal, terpercaya dan dikelola oleh perusahaan tertentu. 

Bagi saya layanan support selama 24 jam itu penting banget. Karena jika pengunjung sudah ramai, tapi web tiba-tiba gak bisa diakses, dan kita tidak bisa memperbaiki error, masih bisa mengandalkan bantuan tim support. 

Dalam hal penyimpanan data, kadang ada layanan hosting blog yang menawarkan penyimpanan terbatas ada juga yang tanpa batas. Dari segi harga juga lumayan ada perbedaan.
Technical Support | Sysadmin | Cloud Engineer | Quality Assurance Tester | Digital Marketing